Minggu, 16 Juni 2013

Fakta Unik Tentang Dunia Tumbuhan

Dunia Tumbuhan

Tidak hanya dunia fauna yang menyimpan berjuta fakta unik, dunia tumbuhan pun menyimpan berjuta fakta unik yang belum banyak kita  ketahui.
Berikut adalah fakta – fakta tentang dunia tumbuhan :

1. Genus Wolffiafakta unik dunia tumbuhan
Untuk jenis bunga terbesar di dunia, semua orang tahu dan sepakat untuk menobatkan bungan Raflesia Arnoldi (bunga bangkai) sebagai bunga terbesar dan terberat di dunia.
Sedangkan rekor untuk bunga terkecil dipegang oleh tumbuhan yang berasal dari genus Wolffia. Tanaman ini umumnya tidak memiliki akar dan hidup di aliran air yang tenang seperti kolam.
Ukuran tumbuhan ini rata – rata hanya mencapai 1 mm dengan berat rata – rata sekitar 150 mikrogram.
2. Coco de Mer Palmfaka unik tentang dunia tumbuhan
Untuk ukuran benih terbesar dipegang oleh Coco de Mer Pala sejenis tumbuhan palem yang berasal dari kepulauan Seychelles yang terletak di Samudra Hindia.
Ukuran benihnya mencapai panjang 12 inci dengan berat mencapai 40 pounds.
Sedangkan untuk ukuran benih terkecil dipegang oleh jenis tanaman anggrek yang berat benihnya hanya skitar 1/35.000.000 ons
3. Hyperionfaka unik tentang dunia tumbuhan
Adalah tumbuhan yang mematahkan rekor Stratosphere Giant sebagai pohon tertinggi. Tinggi dari Hyperion kira – kira mencapai 115, 2 sedangkan tinggiStratosphere Giant hanya mencapai 113 meter.
Hyperion tumbuh di Taman Nasional dan menurut catatan ada tiga pohon Hyeperion yang ada di taman tersebut.
4. Jamur Madufaka unik tentang dunia tumbuhan
Jamur madu merupakan pemegang rekor organisme terbesar. Jamur ini tumbuh di Taman Nasional Malheur di rimur Aregon, AS.
Tinggi jamur ini kira – kira 3 kaki di bawah permukaan tanah dengan luas sekitar 890 ha. Umur dari jamur ini diperkirakan telah mencapai 2.400 tahun.
5. Maidenhair
Tumbuhan ini merupakan tumbuhan purba yang masih ada hingga sekarang. Sekarang ini tanaman ini lebih dikenal dengan nama Ginko Biloba. Dan diperkirakan telah  ada pada zaman dinosaurus, 135 – 200 juta tahun yang lalu. (nn)faka unik tentang dunia tumbuhan

Sumber: http://detedung.blogspot.com/2013/03/fakta-unik-tentang-dunia-tumbuhan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar